6 jutaan  Pemudik  Lebaran bakal serbu Jateng

Semarang- JM News.  Arus mudik Lebaran Tahun 2016 ini  diprediksi bakal membludak dan akan mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibanding jumlah arus mudik pada tahun 2015 lalu. Bahkan jumlah pemudik bisa diperkirakan akan mencapai  6 (enam) jutaan orang. Hal ini sebagaimana disampaikan Sekretaris Daerah Propinsi Jawa Tengah, Sri Puryono yang memaparkan pada  rapat koordinasi ekonomi keuangan dan industri daerah dalam rangka kesiapan Provinsi Jawa Tengah menghadapi Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 2016/1437 Hijriah di Gedung Gradhika Bakti Praja, kompleks kantor Gubernur Jateng.,” Jumlah pemudik pada Lebaran 2016 diprediksi sebanyak 6.657.215 juta orang atau mengalami peningkatan sebanyak 5,7 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya tercatat 6,28 juta orang," ujarnya.



jalan pantura
jalan pantura



Kemudian Sri pun menegaskan jumlah pemudik lebaran tersebut nantinya berasal dari berbagai penjuru kota Indonesia yang masuk ke Jawa Tengah, baik yang menggunakan jalur darat, laut maupun udara. Bahkan jalur darat pun bisa melalui jalur selatan maupun arah pantura ,” jumlah pemudik yang masuk ke Jateng melalui jalur pantai utara Jawa diprediksi sebanyak 6,55 juta orang, sedangkan yang melalui jalur pantai selatan hanya 1,11 juta orang sedangkan pemudik yang menggunakan motor bisa mencapai 1,62 juta orang. Untuk itu TNI dan Polri agar bersiap mengamankannya termasuk  sarana transfortasinya harus mulai disiapkan,” imbuhnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Pihaka Dishubkominfo Jateng pun telah melakukan rapat koordinasi denfgan berbagai pihak dwengan para pihak terkait guna mengantisipasi arus mudik lebaran tahun 2016 ini. Bahkan seluruh infra struktur jalan yang kurang baik , saat ini telah dilakukan perbaikan agar ada keamanan dan kenyamanan bagi para pemudik lebaran. Kemudian untuk angkutan mudik gratis pun setiap tahunnya telah dilakukan pihak Pemprop Jawa Tengah dan  pada Arus mudik Tahun 2016 ini  telah disiapkan  Moda  transportasi angkutan umum sebanyak  13.646 bus per hari, 97 kereta api per hari, dan ditambah puluhan kapal penyeberangan antarpulau serta pesawat terbang. Dan sebagaimana biasanya pada tahun ini Pemprop Jateng  yang bekerja sama dengan 35 pemerintah kabupaten/kota, Kementerian Perhubungan, dan Bank Jateng akan menggelar program mudik gratis dengan menyediakan puluhan bus serta kereta api yaitu  masing-masing 47 unit bus dan tiga rangkaian kereta api, pemerintah kabupaten/kota 70 bus, sedangkan Bank Jateng 50 bus untuk pemudik. (Tim Jantramas.Com.Semarang)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close