ORI  Jateng akan bongkar Penli di Pelabuhan Semarang



Pengurus APBMI Jateng saat bersilaturahmi di Kantor Ombusmen Jateng
Pengurus APBMI Jateng saat bersilaturahmi di Kantor Ombusmen Jateng


Semarang,Jantramas.com- Kepala Ombusmen Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Jawa Tengah, Achmad  Zaid berencana akan membongkar Penerimaan Liar (Penli) yang diduga telah terjadi di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Hal ini terungkap saat Ombusmen Jateng menerima Para Pengurus Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat (APBMI) Jateng di Kantornya (Jumat,10/6). ,” Kami  akan segera membongkar dugaan Penerimaan Liar yang telah dilakukan Oknum Pejabat disana, karena ini menyangkut penggelapan dalam jabatan,” ujarnya.


 Selanjutnya Zaid pun menegaskan apa yang akan dilakukannya ini, semata-mata ingin membersihkan Praktek-praktek kotor yang selama ini terjadi di Pelabuhan Semarang , karena hal ini kalau dibiarkan akan menghambat pelayanan Publik serta dapat mencoreng Pelabuhan Jawa Tengah,” Kami mendambakan Pelabuhan Semarang bersih dari praktek korupsi, sehingga pelayanan publik bisa berjalan baik,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua APBMI Jateng, Romulo Simangunsong pun membenarkan jika di Pelabuhan Semarang masih ada praktek-praktek yang diduga  mengarah kepada korupsi dari pungutan liar sampai Penerimaan Liar, namun biasanya dilakukan dengan keterpaksaan,” Ya ada , bahkan ada surat perjanjiannya,” ungkapnya.

Ditempat terpisah Sekretaris Gerakan Nasional Pemberantasan Korupsi (GNPK) Jawa Tengah, Rahmat mendukung sikap Ombusmen Jawa Tengah yang akan membongkar Praktek dugaan Korupsi di Pelabuhan Semarang,” Kami siap bersama Ombusmen Jateng untuk membongkar dugaan korupsi di Pelabuhan Semarang,” ujarnya.

Ditambahkan Rahmat, jika hal itu memang terjadi  ada Penli di Pelabuhan Semarang. Maka akan segera dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI ,” Karena diduga nilainya bisa Milyaran rupiah, maka dengan bukti yang ada akan segera dilaporkan ke KPK ,” imbuhnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya kisruh adanya Bongkar Muat Ilegal yang telah dilakukan PT Pelindo III Semarang yang kian memanas, sehingga masuk ke ranah hukum dengan telah ditetapkannya GM Pelindo III Semarang TS sebagai tersangkanya Oleh Penyidik Polda Jateng yang kemudian memicu reaksi keras dari Pihak Pelindo III dengan menggelar aksi penolakan tersangka dikantornya juga secara hukum berupaya melakukan Pra Pradilan terhadap Polda Jateng yang akan digelar dalam sidang di Pengadilan Negeri (PN) Semarang pada senin mendatang, namun kini dipihak APBMI Jawa Tengah yang sekaligus pelapor dugaan Bongkar Muat Ilegal Pelindo juga telah melakukan aduan secara resmi atas nasibnya kepada Pimpinan DPRD Kota Semarang, kemudian dilanjutkan bersilaturahmi ke Ombusmen Jawa Tengah dan kabarnya Minggu besok akan memenuhi Panggilan Kementerian Perhubungan RI untuk membahas permasalahan bongkar muat di Pelabuhan Semarang yang semakin gaduh hukum yang dapat merugikan Para Pengusaha Pelabuhan Tanjung Emas Semarang .


You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close