Waspada…..melaut di Perairan  Pantura Pekalongan  !         

Pekalongan-JM News. Cuaca buruk yang menimpa perairan pantai utara  pulau Jawa, terutama di seputar pantai Pekalongan Jawa Tengah yang tinggi ombaknya telah mencapai 1 Meteran membuat para Nelayan khawatir untuk melaut juga pihak Kesyahbandaran Pekalongan pun telah mewanti-wanti agar para nelayan mewaspadainya cuaca buruk tersebut. Karena Sinyal cuaca buruk ini telah disampaikan berdasar pemberitahuan dari BMKG Stasiun Meteorolgi Maritim Semarang kepada Dirjen Perhubungan Laut Distrik Navigasi Kelas II Semarang, kemudian diteruskan melalui surat telegram pada Stasiun Radio Pantai Pekalongan tertanggal 26 Mei 2016 disebutkan tinggi gelombang di Laut Jawa bagian tengah diperkirakan antara 0,1 sampai dengan 1 meter. Namun kendatipun demikian belum perlu memasang bendera hitam dilautan sebagaimana disampaikan  Petugas

Kesyahbandaran Perhubungan Laut Kota Pekalongan, Jawa Tengah,  Riyanto menyatakan belum perlu memasang bendera hitam di tengah laut karena kondisi ombak gelombang masih relatif aman."Bendera hitam akan dipasang  manakala ada surat  dari Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika yang menyatakan gelombang laut telah mencapai 2 meter,"  ujarnya sebagaimana dikutip pers.

Dan memang biasanya menurut Riyanto jika ombak telah mencapai 2 meter bisa membahayakan bagi para pelaut, tapi pemasangan bendera hitam itu harus ada surat dari BMKG,”  Selama belum ada sinyal dari BMKG, kami belum bisa pasang bendera hitam,” imbuhnya.

prakiraan angin sumber bmkg
prakiraan angin. sumber bmkg



Selanjutnya seorang Nelayan yang biasa melaut sempat merasa khawatir atas cuaca buruk yang saat ini sedang terjadi, namun pihaknya beserta teman-teman nelayan lainnya tetap melaut selama hal ini bisa diantisipasinya,” tetap melaut, karena ini rutin untuk mencukupi kebutuhan Mas,” ujarnya.

Memang cuaca buruk dilaut biasanya bisa berubah-rubah setiap saat  yang telah biasa dialami para Nelayan Pantura, tapi semuanya itu bisa diantisipasi dengan terus waspada dengan membaca cuaca setiap saat. (Tim JantraMas.Com   Pantura)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close