Pelabuhan Batu Bara akan dibangun di Batang

Batang-JM News. Kunjungan Menteri Perhubungan RI, Ignatius Jonan ke Pelabuhan batang (Minggu,17/4) mengisyaratkan agar pelabuhan tersebut dapat digunakan sebagai Pelabuhan Batu Bara yang lokasinya cukup strategis dan potensial bangkitan muatannya," Ya bisa untuk pelabuhan batu bara, nanti saya kordinasikan dengan Menteri PU," tuturnya kepada Pers.

Namun Jonan pun menyarankan agar kedalaman kolam pelabuhan diperdalam lagi juga akses jalan masuknya pun perlu diperlebar," imbuhnya.  Sementara itu Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPT) Batang, Hendriq Kurnia membenarkan kedalaman kolam Pelabuhan Batang hanya 3 meter, tapi dalam waktu dekat akan dilakukan pengerukan.

Termasuk juga jalan akses masuk pelabuhan akan segera diperlebar," kedalaman kolam akan dikeruk minimal jadi 5 meter, juga akan memperlebar jalan masuk ke pelabuhan," ujarnya kepada Pers.

Dalam penelusuran JM News. Com, memang pelabuhan batang yang terletak di jalur pantai utara ini telah beroperasi sejak tahun 1980 an yang lebih dikenal dengan pelabuhan ikan, namun dalam perjalanannya sempat terhenti tahun 2015 lalu. Dan kini seiring dengan perkembanfannya,pelabuhan tersebut  akan dihidupkan lagi yang rencananya sebagai Pelabuhan Batu Bara yang nantinya diantaranya bisa mensuplay kebutuhan
Batu bara untuk PLTU yang sedang dirintis pembangunannya. Pelabuhan ini ada berdasarkan  Km  53 tahun 2012 . (Tim Jm News Batang)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close