Kadisdik Kendal membuka Sosialisai  PPDB Kendal   

Kadisdik Kendal, Drs H. Muryono,M.Pd
Kadisdik Kendal, Drs H. Muryono,M.Pd


Kendal-JM News. Kepala Dinas Pendidikan Kendal, Muryono membuka kegiatan sosialisasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kendal (Senin 25/4) .

Kegiatan yang dipusatkan dilantai 2 Gedung Dinas Pendidikan Kendal ini dihadiri para Kepala Sekolah dari tingkat SD hingga Tingkat SLTA se-Kabupaten Kendal.

Menurut Sekretaris Dinas Pendidikan Kendal, Yani bahwa kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Peraturan bersama antara Menteri Pendidikan dan Menag  RI No: 2/VII/ PB/2014 dan No. 7 Tahun 2014 tentang Penerimaan peserta didik baru (PPDB) pada TK dan Sekolah/ Madrasah guna mengoptimalkan sistem penerimaan peserta didik baru di sekolah.

Kemudian kegiatan ini pun pelaksanaannya dilakukan dengan 2 (dua) gelombang yaitu gelombang pertama mulai pukul 08.00 Wib -10.00 Wib khusus untuk para Kepala Sekolah SMA dan SMK sedangkan gelombang kedua yang dimulai pukul 10.00 Wib-12.00 Wib untuk Kepala SMP dan SD." Acara ini dilakukan dengan 2 gelombang yang sumber dananya dari APBD Kendal," ungkapnya.

Selanjutnya menurut Yani, dalam PPDB Kendal Tahun ini agar bisa dilaksanakan secara tertib dan juga ada kesempatan bagi para calon peserta Didik baru yang bisa melalui jalur PMDK maupun bagi Siswa kurang mampu," semua sudah dialokasikan, termasuk kesempatan bagi para calon peserta Didik kurang mmpu mas," imbuhnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kendal, Muryono menegaskan dalam penerimaan peserta Didik baru (PPDB) Kendal tidak ada pungutan apa pun," pokoknya dalam PPDB Kendal nantinya bisa clear tanpa pungutan apapun mas," ungkapnya.

Namun Muryono pun tidak menampik, jika nantinya ada dari pihak Masyarakat yang ingin menyumbang untuk pendidikan, tapi harus didasarkan sumbangan sukarela dan tanpa tekanan," segala bentuk pungutan dilarang sesuai Permendikbud Nomor :44 Tahun 2010," imbuhnya.

Ditempat terpisah Ketua GRPK Kendal, Imam Subagyo akan terus melakukan pemantauan dalam pelaksanaan PPDB di Kabupaten Kendal tahun 2016 ini, karena dilapangan biasanya masih banyak yang diindikasikan masih memungut sumbangan, tentunya hal ini belum sejalan dengan permendikbud sebagaimana ditegaskan Kadisdik Kendal," intinya segala bentuk pungutan yang dilakukan dengan tekanan akan terus dipantau," ungkapnya.

Dalam Pantauan Jantramas.com  memang belakangan ini seluruh sekolah yang ada dikabupaten kendal sedang melakukan persiapan dalam penerimaan peserta Didik Baru, namun mekanismenya dilapangan perlu diatur dan ditertibkan sedemikian rupa agar tidak disalahgunakan sebagai ajang pungutan liar yang dilakukan oknum yang tidak bertanggungjawab. (Tim jantramas.com kendal)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close