Upacara bendera pakai kebaya 

Para siswi SMK Fransiskus semarang saat upaca bendera memakai kebaya ala Kartini
Para siswi SMK Fransiskus semarang saat upaca bendera memakai kebaya ala Kartini


Semarang-JM News. Demam perayaan Kartini telah merebak diberbagai tempat terutama pakaian adat khasnya bersanggul dan kebaya. Hal ini sebagaimana dilakukan para siswi SMK Fransiskus kota semarang yang menggelar upacara bendera dengan memakai kebaya .

Menurut seorang guru SMK Fransiskus, Lia bahwa yang dilakukan para siswi tersebut merupakan bentuk perhormatan atas lahirnya Ibu Kartini yang telah banyak memberikan ispirasi bagi kaum wanita agar terus maju," ya mengingatkan perjuangan kartini agar wanita harus sekolah ," ungkapnya.

Sementara itu Tokoh Perempuan, Diah Batubara mengajak kepada semua wanita untuk terus berjuang dan menyetarakan dirinya dengan kaom Pria, karena dengan lahirnya Kartini ini kaum hawa tidak hanya sebatas urusan dapur, kasur dan sumut. Tapi semua profesi telah banyak dan
bisa dilakukan para wanita," jadi perlu kita gelorakan semangat Kartini Modern yang mampu setara dengan kaom pria," tuturnya sebagaimana dikutip diartikel jurnalisnya.

Bahkan Diah pun mengibaratkan Pria dan Wanita tersebut laksana dua sayap di seekor burung yang dengan kedua sayapnya bisa terbang tinggi , kemudian jika salah satu tidak ada sayapnya, maka  tidak mungkin burung bisa terbang. ," maka wanita ibarat sayap yang selalu mendampingi dan melakukan peran para pria agar terus maju," imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, perayaan hari kartini yang jatuh pada setiap tanggal 21 april selalu menjadi momentum penting bagi kaum hawa di negeri ini untuk terus melakukan emansipasi atas peran-perannya selama ini yang memang bisa dilakukannya sebagaimana para pria dengan tidak meninggalkan kodratnya sebagai seorang Ibu yang harus menyayangi dan mendidik anak-anaknya.

Ribuan wanita telah sukses menjalani berbagai profesi, namun mereka pun tetap menjadi Istri dari Suaminya dan juga menjadi Ibu dari Anak-anaknya berkat Kartini yang penuh inspirasi dengan karyanya Habis gelap , terbitlah terang. (Tim jantramas.com Semarang)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close