Bandara Akhmad Yani baru segera dioperasikan.

salah satu zona Bandara A. Yani yang mewah
salah satu zona Bandara Ahmad Yani yang mewah


Semarang-JM.  Direncanakan mulai 2 Juni 2018, Bandara Ahmad Yani Semarang yang baru akan beroperasi. Bandara ini akan menggantikan bandara existing yang secara kapasitas sudah tidak memungkinkan lagi untuk digunakan. Saat ini, pengguna jasa penerbangan yang melewati Ahmad Yani mencapai 3 juta penumpang/tahun, tetapi kapasitas bandara lama hanya sekitar 1.5 juta penumpang/tahun. Untuk mengatasi overload, maka bandara baru perlu untuk dibangun. Nantinya, kapasitas bandara baru ini akan mencapai 6-7 juta penumpang/tahun atau lebih besar 4 kali lipat. Sebenarnya tidak benar benar baru. Hanya perpindahan terminal, untuk runway masih tetap sama.

Bandara baru ini terletak di sisi utara bandara existing. Akses masuknya Arteri Yos Sudarso, lalu menuju PRPP dan lurus menuju ke barat. Atau, jika melalui kota adalah melewati Jalan Madukoro, lalu menuju PRPP ke barat.

Diharapkan dengan dibangunnya bandara ini akan memberi kenyamanan kepada penumpang, memberi kebanggaan baru bagi Jawa Tengah serta memacu pertumbuhan ekonomi dan pariwitasa

Info tambahan, setelah terminal baru jadi, banyak sekali rute rute baru yang diajukan oleh maskapai ke Angkasa Pura 1 Bandara Ahmad Yani, seperti ke Arab Saudi, Tiongkok dan beberapa kota di Indonesia secara direct, sehingga tidak perlu transit di Soekarno Hatta atau Juanda Surabaya. Sebenarnya, rute rute ini sudah dipersiapkan lama oleh maskapai, namun karena kondisi terminal existing yang sudah overload, maka ditunda hingga terminal baru selesai. (*)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close