DPC IPJI Kota Semarang akan adakan Diklat Wartawan

Semarang- JM. Para Jurnalis yang tergabung dalam kepengurusan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Ikatan Penulis dan Jurnalis Indonesia (IPJI) Kota Semarang akan menyelenggarakan Pendidikan dan Latihan Wartawan bagi para Pemula dan atau para wartawan yang hingga kini belum mengikuti asosiasi kewartawanan . Hal ini sebagaimana disampaikan Ketua DPC IPJI Kota Semarang, Aldo yang menjelaskan bahwa diera kepengurusannya ini akan memulai kerjanya dengan menyelenggarakan Diklat Kewartawanan,” Ya memang guna membangun sinergitas dalam profesi kewartawanan , kami dalam waktu dekat akan mengadakan Diklat Mas,” ungkapnya.
Bahkan Aldo pun mengajak para kawula muda yang berkeinginan untuk menjadi Jurnalis bisa mengikuti pelatihan ini,” Pokoknya diklat ini diperuntukan bagi umum yang betul-betul ingin menjadi jurnalis, karena biayanya juga cukup terjangkau hanya Rp 350 ribu per orang,” imbuhnya melalui handphonenya.
Senada juga disampaikan Pengurus IPJI Kota Semarang lainnya, Dani yang membenarkan akan diadakannya Diklat Jurnalis,” Betul pak hasil rapat kemarin , kami akan mengadakan Diklat Jurnalis, Makanya tolong diemailkan panduan Proposalnya guna bahan dan acuan kami pak,” tuturnya. Bahkan Dani pun berharap agar pelaksanaannya besok dapat diselenggarakan di Hotel Bandungan,” Ya kayak Diklat yang lalu di Hotel Bandungan Pak,” tandasnya.
Sementara itu para Jurnalis yang ada dibeberapa daerah pun merespon positif akan diadakannya Diklat Kewartawanan ini sebagaimana disampaikan Jurnalis Kota Salatiga, Shodiq yang telah mengirimkan 9 (Sembilan) calon pesertanya untuk mengikuti Diklat,” Ini ada Sembilan orang ikut daftar Pak ,” ungkapnya melalui WA Groupnya.
Sedangkan Jurnalis dari Batang dan Temanggung pun berjanji akan mengikuti Diklat Kewartawanan ini untuk meningkatkan Profesionalismenya,” waktunya kapan Pak, kami akan ikut serta,” ujarnya.
Ditempat terpisah Wartawan Kendal, Heru justru pelaksanaan Diklat Jurnalis ini sudah dinanti para wartawan di Medianya, “ Insya Allah ada 6 (enam) orang yang akan ikut bergabung Mas, tapi mereka teman-teman saya yang dari Jakarta,” tuturnya.
Sebagaimana diketahui, memang direncanakan minimal tiap 4 (empat) bulan sekali IPJI Jateng akan menjadwalkan DIKLAT Jurnalis bagi para wartawan yang belum bergabung dengan assosiasi. Hal ini sebagaimana dikemukakan Ketua DPW IPJI Jateng, Didik Methana yang menegaskan bahwa IPJI Jateng akan terus melaksanakan Diklat guna meningkatkan Profesionalisme para anggotanya,” Dan nantinya setelah mereka mengikuti Diklat ini , otomatis akan mendapatkan kartu Pers IPJI Jateng ,” tuturnya.
Selanjutnya dalam Diklat Jurnalis ini para peserta akan disajikan materi diantaranya; Organisasi IPJI, tehnik menulis berita, Wawancara, Lidik,Sidik dan Investigasi, UU Pers, dan Advokasi Wartawan dengan beberapa Nara Sumber baik dari Unsur Aparat Penegak Hukum, Pengacara, Akademisi maupun para senior di DPW IPJI Jawa Tengah. ( Tim Semarang)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close