FORKOM LSM Kendal bantu Korban Banjir Sukorejo

Kendal- JM. Bencana Banjir dan lonsgor yang terjadi minggu (26/2) lalu di dusun Kenjuran Desa Purwosari Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal yang telah memporakporandakan 11 rumah warga dan 3 rumah diantaranya telah rata dengan tanah. Hingga saat ini telah menyedot banyak donatur yang ikut peduli guna meringankan beban para korban bencana yang jumlahnya ratus orang dan hal ini sebagaimana telah dilakukan Forum Komunikasi (FORKOM) Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Kendal yang juga terjun langsung ke lokasi bencana untuk memberikan bantuan berupa makanan, mie instant, sembako dan beberapa dus pakaian pantas pakai. Menurut Ketua Forkom LSM Kendal, Maksum bahwa kegiatan sosial ini dilakukan guna meningkatkan kepedulian para aktifis Kendal ,” Ya ini khan sebagai bagian yang tak terpisahkan dari gerakan social guna ikut meringankan beban para korban bencana alama,” ujarnya. Bahkan Maksum pun merasa bangga atas antusias serta semangat para rekan aktifis LSM Kendal yang secara spontanitas menggalang bantuan sosial yang dikumpulkan dari Para Pejabat serta para donator lainnya,” Intinya saya bangga dengan gerakan ini, semoga kegiatan serupa ini pun bisa berjalan secara berkelanjutan,” imbuhnya.
Sementara itu Sekretaris FORKOM LSM Kendal, Sugiharto memang sejak awal telah mengajak para aktifis Kendal untuk melakukan kepedulian social, diantaranya ikut terjun langsung ke lokasi bencana dan Alhamdulillah ada teman-teman LSM yang sangat faham dengan daerah bencana yang telah lebih dulu turun dilokasi,” Wah… memang dilokasi sudah ada LSM yang bergerak disana, kami hanya menekankan saja kepada rekan-rekan lainnya untuk melakukan penggalangan dana dengan surat tugas yang sudah kami buat,” ujarnya.
Ditambahkan Sugiharto, bahwa hasil dari sumbangan para donatur tersebut sudah terkumpul puluhan dus, padahal kalau menghitung jumlah LSM yang tergabung di Forkom aja sebanyak 47 LSM,” Coba kalau tiap LSM nyumbang mie instan 2 dos aja, jumlahnya khan cukup banyak. Belum lagi ditambah dari para donator lainnya,” imbuhnya.
Selanjutnya Ketua LSM Cobra Kendal, Sri menjelaskan jika pihaknya sejak awal kejadian sudah memantau lokasi bencana sukorejo. Makanya setelah menyaksikan bencana tersebut dirinya tergerak untuk melakukan penggalangan dana guna meringankan beban mereka. Dan ketika hal ini disampaikan ke Forkom Kendal, maka laksana gayung bersambut. ,”Malah saya ditugaskan langsung untuk menghimpun dana dan Alhamdulillah bantuan dari para donatur sudah terkumpul 16 dos pakaian layak pakai. Bahkan yang paling mudah sumbangan dari para bakul pasar yang banyak memberikan sembako untuk para korban bencana,” ujarnya.
Sebagaimana diberitakan sebelumnya, bencana alam ini langsun g direspon pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kendal dengan mengirimkan para petugasnya ke lokasi bencana dengan membantu bahan-bahan makanan berupa beras, mie instan, sarden, minyak serta kebutuhan lainnya. Bahkan dari hasil assesmen dilapangan guna menghindari banjir serta longsor susulan. Pihak BPBD Kendal melakukan evakuasi sebanyak 300 warga ke tempat yang aman. Kemudian Dinas Sosial Kabupaten Kendal pun dengan Tim Tegananya juga mengirim bantuan bahan-bahan pokok yang bisa digunakan para korban saat dipengungsian. Dan hingga ditulisnya berita ini terdata 11 rumah hancur, 3 rumah diantaranya rata dengan tanah, 22 orang diduga hilang kemudian 300 warga lainnya saat ini masih dalam pengungsian . Dan disamping bantuan dari Forkom LSM Kendal, sebelumnya pihak paguyuban Kepala Desa Kendal, Banser NU, PT KIK Kendal juga turut terjun ke lokasi bencana dengan membawa bantuan bagi para korban bencana alam. (Tim Kendal)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close