Forkom LSM Kendal dideklarasikan di Pendopo Kendal

Forkom LSM Kendal dideklarasikan di Pendopo Kendal
Kendal- JM Forum Komunikasi (FORKOM) Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) se-Kabupaten Kendal telah dideklarasikan di Pendopo Kabupaten Kendal (Rabu,28/12) lalu. Hal ini sebagaimana disampaikan Ketua Forkom LSM Kendal, Maksum yang menegaskan bahwa Deklarasi Lembaga ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari peran serta Masyarakat dalam ikut memajukan Kabupaten Kendal,” Dilakukannya deklarasi Forkom LSM ini merupakan bagian yang tak terpisahkan peran LSM untuk turut serta dalam membangun Kendal,” tuturnya. Selanjutnya Maksum pun tidak membantah, jika selama LSM sering dicap Negatif dan kadang menimbulkan keresahan di Masyarakat. Karena biasanya sering mengkritisi kebijakan yang dilakukan berbagai pihak. ,”Makanya dengan Forkom LSM ini nantinya diharapkan agar semua LSM punya naungan secara bersama-sama untuk ikut mewujudkan Kemajuan Kendal, kami siap mempasilitasi keluhan-keluhan Masyarakat serta tidak liar lagi,” imbuhnya.
Sementara itu Ketua DPRD Kendal, Prapto Utono mengapresiasi kehadiran FORKOM LSM Kendal ini, karena selama ini baru kali ini Forkom terbentuk,” Jadi saya merasa bangga dengan terbentuknya Forkom LSM ini, tentunya untuk terus melakukan pemantauan serta mengkritisi atas kebijakan yang ada di pemerintahan Kendal,” ungkapnya. Ditambahkan Prapto, mestinya tugas dan fungsi pembidangannya harus disesuaikan dengan SKPD yang ada di Pemerintahan Kabupaten Kendal. Karena saat ini Pemerintahan Kendal sudah semakin transfaran, terutama dalam hal pengelolaan APBD yang jumlahnya mencapai Rp 1,9 Triliyun,” Segeralah mulai saat ini tugas dan pembidangan LSM diseuaikan dengan SKPD yang ada agar lebih terkoordinasi dan terfokus permasalahannya, kalau dianggap LSM dapat meresahkan pihak-pihak terkait. Tentunya itu khan pihak yang merasa saja,” imbuhnya.
Sedangkan Ketua Dewan Pembina FORKOM LSM Kendal, Mastur Darori yang sekaligus melantik kegiatan tersebut menegaskan agar Forkom LSM ini dalam melaksanakan amanatnya ini harus secara bersungguh-sungguh dan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku,” intinya segera lakukan klarifikasi atas persoalan yang ada di Kabupaten Kendal sesuai peraturan yang berlaku, kemudian jika ada kebijakan pemerintah kendal yang tidak sesuai peraturan harus segera diusut secara tuntas ke aparat penegak hukum,”tegasnya .
Ditempat terpisah Sekretaris FORKOM Kendal, Hariono mengakui awalnya untuk melakukan Deklarasi ini cukup berat, namun berkat ada kerjasama semua aktifis Kabupaten Kendal. Baik yang senior maupun yang yunior saling bahu membahu untuk menyukseskan kegiatan yang belum pernah terjadi selama ini,” ada 67 LSM yang tergabung dalam Forkom LSM Kendal ini, kemudian semuanya gotong royong agar kegiatan ini sukses dan Alhamdulillah bisa sukses Mas,” ungkap Pimred Pos Nusantara ini di Kantor Forkom Kendal.
Dalam Pantauan Media ini, memang gaung Pembentukan FORKOM LSM Kendal ini sudah bergema sejak beberapa bulan lalu dengan diawali pertemuan-pertemuan non formal para aktifis Kendal di warung-warung Kopi. Namun wacana pembentukan Forkom LSM Kendal ini semakin menguat setelah ada beberapa pertemuan yang difasilitasi di Gedung DPRD Kendal dengan diberi kesempatan untuk menempati kantor dibekas Mess DPRD Kendal yang terletak diseputaran Kota Kendal. Dan laksana gayung bersambut, hasil dari beberapa pertemuan para aktifis tersebut semakin menguat dengan terbentuknya FORKOM LSM Kendal yang salah satu tujuannya untuk mewadahi seluruh LSM yang ada di Kabupaten Kendal agar mampu turut dan turun serta dalam memajukan Kendal sebagaimana amanat Undang-undang Ormas No. 17 Tahun 2013. (Tim Kendal)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close