Harga Tomat Anjlok, Para Petani buang ribuan kilogram Tomat

Magelang-JM. Lain harga cabe dan lain pula harga Tomat. Harga cabe kini kian membumbung hingga dikisaran Rp 120 ribuan per kilogram, namun lain dengan harga Tomat yang kini harganya kian terpuruk hanya Rp 2 ribuan per kilogram. Dan hal ini berakibat gagal panen dan petani alami kerugian yang semakin fatal, karena ongkos produksi tanam dengan hasil panennya yang berlimpah ruah menjadikan harga tomat anjlok. ,” ini dilema yang dialami oleh ratusan petani tomat di desa bringin kecamatan srumbung kabupaten magelang jawa tengah,” ujar seorang petani berkeluh kesah.
Kemudian , mereka pun harus membuang tomat hasil panennya sebanyak 2 ton lebih di kebun sekitar rumah mereka. Ini terjadi dikarenakan tidak ada pembeli yang bersedia membeli diatas harga pasar yakni Rp 2000 per kilogram. Padahal harga Rp 2000 per kilogram ini sendiri merupakan biaya atau ongkos produksi yang para petani keluarkan untuk menanam tomat.
Biaya yang dikeluarkan dari menanam sampai panen, sekitar 4-5 juta/1000 meter persegi, sedangkan luas tanaman tomat didesa ini kurang lebih 1,5 hektare, Dengan Jumlah petani yang berada di wiliyah ini sekitar 400 petani, dan sebagian besar adalah petani tomat.
Seorang Petani setempat, Muh Kholili mengakui ada sekitar 2 ton tomat miliknya yang terpaksa harus dibuang. Umumnya saat masa panen, para pembeli pengepul sudah berbaris untuk berebut untuk bisa membeli hasil panen mereka. ,”Namun kini tidak ada pembeli sama sekali karena melimpahnya stok tomat di pasar se kabupaten Magelang,” ujarnya. (Daniel- Wartawan Magelang)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close