Hari Pers Nasional, Bangun Sinergi Lawan Intoleransi, Radikalisme, Korupsi

Hari Pers Nasional, Bangun Sinergi Lawan Intoleransi, Radikalisme, Korupsi.

Jakarta-JM. Sebagai bagian dari organisasi Pers di Indonesia, dalam rangka menyongsong peringatan Hari Pers Nasional yang dilaksanakan setiap tanggal 9 February setiap tahunnya, maka saya sebagai Ketua Umum Pengurus Dewan Pimpinan Pusat Media Online Indonesia ingin menyampaikan pendapat saya berkaitan dengan peringatan Hari Pers Nasional ini.

Bertepatan pelaksanaan Hari pers Nasional ini sama dengan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia, didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985. Keputusan Presiden Soeharto pada 23 Januari 1985 maka banyak juga diantara kita pengurus dan anggota Media Online Indonesia yang ragu apakah kita ikut merayakan Hari Pers Nasional ini. Menurut saya hari Pers Nasional ini adalah hari kita semua para insan Pers di Indonesia. Soal tanggalnya bersamaan dengan hari ulang tahun PWI tidak ada masalah dengan itu. Maka pada kesempatan ini juga saya mengucapkan selamat atas Ulang Tahun kepada Persatuan Wartawan Indonesia dimanapun berada dan selamat Hari Pers Nasional bagi kita semuanya. Terkhusus harapan saya dalam kepemimpinan Bapak Atal Sembiring Depari Persatuan Wartawan Indonesia menjadi Lembaga yang maju, besar dan menjadi tempat yang baik bagi para wartawan media online dan contoh bagi organisasi Pers lainnya.

Juga dalam memperingati Hari Pers Nasional ini, kita tidak boleh lupa akan peran Dewan Pers yang mana Lembaga ini bersama sama dengan PWI adalah sebagai pengusul kepada pemerintah untuk ditetapkannya Hari Pers Nasional ini. Oleh karena itu pada kesempatan ini saya juga menyampaikan salam dan terima kasih kepada Dewan Pers atas peran sertanya untuk memajukan Pers di Indonesia. Terkhusus harapan saya kepada Ketua Dewan Pers Bapak Muhammad Nuh kiranya selalu diberikan kekutan dan hikmat kebijaksanaan dalam memimpin Dewan Pers menjadi Lembaga yang besar, kuat dan berkarya serta tempat bernaung dan pembinaan bagi seluruh insan Pers, terkhusus Pers Online di Indonesia.

Kita bersyukur bahwa kehadiran insan Pers dihargai dengan adanya penetapan tentang peringatan Hari pers Nasional ini. Ini berarti peran Pers di Indonesia selama ini diakui memiliki peran yang besar membentuk, dan membangun, merawat Indonesia menjadi seperti saat ini.

Namun dalam kemajuan bangsa dan negara saat ini, kita memiliki tantangan yang sangat besar dari dalam dan luar bangsa kita. Terdapat potensi pecah belah bangsa dalam tema intoleransi dan radikalisme. Prilaku jahat para koruptor dari penyelenggara pemerintah, pihak swasta dan masyarakat kita sendiri. Egois kelompok, persaingan tidak sehat diantara kelembagaan menjadi hambatan dan ancaman kebersamaan kita untuk maju bersama. Minimnya dukungan dana dan program bagi penguatan Pers terkhusus di daerah provinsi, kota dan kabupaten seluruh Indonesia. Ancaman pencaplokan territorial, ancaman efek perekonomian global yang terus menurus akan datang mengancam kebaradaan kita kini dan kedepannya.

Oleh karena itu mari seluruh Pengurus dan Anggota Media Online Indonesia kita gunakan moment perayaan Hari Pers Nasional ini sebagai moment untuk membangkitkan kembali semangat untuk menjaga, memelihara, merawat Indonesia agar tetap maju, damai, kuat seperti semangat para pejuang 45 dalam memerdekakan bangsa ini dari cengkeraman para penjajah waktu itu untuk bertumbah menjadi bangsa yang besar seperti saat ini.

Mari kita rayakan Hari Pers Nasional ini mulai dari diri kita masing masing, ditempat kita, di media yang kita miliki. Lakukan dengan swadaya, bersahaja dan mari kita maknai bersama melawan keprihatinan kita saat ini atas ancaman besar terhadap bangsa dan negara kita.

Dengan tekad bulat dan dengan semua kekuatan yang kita miliki saya mengajak kita semua merayakan Hari Pers Nasional ini dengan semangat dan memaknainya dalam tiga hal ini:
1. Lawan semua gerakan dan paham intoleransi, radikalisme di Indonesia.
2. Mari rapatkan barisan, dan bangun kerjasama dengan berbagai pihak untuk mencegah dan memberantas korupsi.
3. Bangun sinergi antar Lembaga Pers di Indonesia dalam mendukung pertumbuhan perusahaan Pers online yang saat ini bangkit dan tumbuh sangat besar di Indonesia.

Demikian saya sampaikan, dengan harapan seluruh Pengurus dan Anggota Media Online Indonesia dapat mengambil peran secara sendiri atau bersama sama memperingati Hari Pers Nasional ini menjadi moment membangun sinergi diantara Lembaga Pers Indonesia, Pemerintah dan komponen masyarakat lainnya, untuk membangun bangsa dan negara Indonesia menjadi lebih hebat dan menjadi kebangaan kita semuanya. (TIM)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close