Lomba Siskamling Tingkat Polda Jateng 2017

e0180bf5-fe6e-4cbc-816f-0a78fdbf1b37 (1)

 

Guna meningkatkan peran serta masyarakat dalam mewujudkan lingkungan yang tertib, aman dan damai, Polres Semarang menggelar lomba Sistem Keamanan Lingkungan tingkat wilayah Polda Jawa Tengah di desa Bener kecamatan Tengaran kabupaten Semarang pada hari Rabu, 10 Mei 2017.

Acara ini digelar bertujuan untuk mendorong  semangat system keamanan lingkungan (siskamling) demi meningkatkan keamanan di wilayah sendiri karena pada dasarnya keamanan dan ketertiban masyarakat adalah merupakan tanggung jawab bersama semua pihak. Dengan meningkatkan siskamling diharapkan dapat mendeteksi sejak dini masalah-masalah terkait kamtibmas serta mencegah tangkal terjadinya kejahatan.

Wakil Bupati Semarang, Ngesti Nugroho dalam sambutannya menyampaikan bahwa Siskamling adalah Pengamanan  Swakarsa yang merupakan budaya di tingkat RT dan RW. Dengan diadakannya  lomba ini diharapkan dapat mewujudkankan kehidupan masyarakat yang aman dan nyaman.

"Siskamling juga merupakan tindak lanjut dan partisipasi aktif bela negara dalam hal keamanan di lingkungan,"jelas Ngesti di tengah sambutannya.

Dalam acara tersebut, Polres Semarang menunjuk desa Bener sebagai perwakilan Kabupaten Semarang yang sebelumnya menjadi juara di tingkat kabupaten.

Kapolres Semarang AKBP V. Thirdy Hadmiarso mengatakan, perlombaan ini juga bertujuan untuk mendongkrak kegiatan Siskamling ditengah masyarakat. Sebab di beberapa daerah kegiatan Siskamling cenderung  menurun sehingga perlu upaya penggalakan kembali.

"Keamanan di Kabupaten Semarang merupakan keinginan kita semua, besar harapan agar yang sudah dilaksanakan bukan hanya pada saat penilaian saja, namun berkelanjutan,"tegas Kapolres Semarang.

35040bfd-b582-43f0-b251-238eeda5d624

Acara perlombaan Siskamling ini disambut antusias oleh warga masyarakat. Ratusan warga tampak hadir menyaksikan lomba yang dinilai oleh tim penilai dari Polda Jateng.

Ketua tim penilai dari Polda Jateng AKBP Parasion H Gultom Sik, dalam sambutanya menyampaikan, Lomba siskamling ini merupakan program Polri khususnya Polda Jateng dalam rangka meningkatkan kesadaran bermasyarakat dgn meningkatkan siskamling. Mengingat betapa besarnya manfaat siskamling yang merupakan warisan budaya yang sudah dimiliki sejak lama dan wajib untuk dipelihara.

"Dengan di gelarnya lomba ini,selain untuk meningkatkan siskamling juga untuk mengingat betapa besar manfaat siskamling. Diantaranya masyarakat dapat mendapat info yang sesunguhnya dan saya akan memberikan penilaian subyektif mungkin," jelas  AKBP Parasion.

Dalam kesempatan itu AKBP Parasion juga menyebutkan beberapa komponen penilaian, diantaranya  yaitu sarana dan prasarana Poskamling, kesadaran masyarakat untuk ikut ronda, administrasi seperti daftar hadir ronda serta tingkat keamanan di desa tersebut.

Pada  penilaian poskamling, tim  penilai melakukan pengecekan  perlengkapan beserta administrasinya,  personil yang melaksanakan ronda termasuk fungsi dan tugasnya, pengecekan cara membunyikan kentongan dan penilaian peragaan penculikan,  penilaian peragaan bahaya kebakaran dan penanggulangannya,  serta bagaimana cara penggunaan alat pemadam kebakaran yang benar.

 

 

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close