Para Petani terima kompensasi dari PLTU Batang

Batang-JM.. Perjuangan panjang para petani terdampak Mega Proyek PLTU Batang , kini telah menerima hasilnya. Karena baru-baru ini Direktur Operasional PT Bhimasena Power Indonesia (BPI), Shiroki Yamashita telah memberikan dana kompensasi dan juga memberikan kompensasi lahan tanah pengganti yang bisa digunakan para petani terdampak Proyek PLTU. Dan lahan pengganti ini diberikan kepada 218 petani yang luasan totalnya mencapai 32 hektar."Ada pemberian dana kompensasi, ada juga tanah pengganti," kata Shiroki kepada Pers beberapa waktu lalu.
Ditambahkan Shiroki bahwa lahan yang diberikan itu bersifat hak pakai dan mereka dibebaskan dari biaya sewa.,” tahah yang sifatnya hak pakai, tapi bebas dari biaya sewa,” imbuhnya.
Sementara itu salah seorang Aktifis Batang yang biasa melakukan pendampingan warganya, Akbar mengatakan jika persoalan ini memang sejak awal ada proyek PLTU Batang harus ada keadilan bagi masyarakat sekitarnya,” intinya perjuangan ini untuk keadilan dan kesejahteraan warga setempat " ujarnya.
Sebagaimana diketahui dalam kompensasi ini setiap petani memperoleh lahan seluas 1.200 meter per segi yang diberikan tanpa biaya sewa yang merupakan program simultan secara berkelanjutan. Dan kompensasi inipun tak Tak hanya para petani tapi juga para nelayan yang terdampak PLTU Batang juga mendapat kompensasi berupa Program khusus pemasangan rumah ikan (rumpon) disebar di beberapa titik di perairan batang. Hal ini dilakukan agar titik titik yang rencah tangkapan ikannya bisa ditingkatkan.( Tim Batang)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close