Pembukaan Pelatihan Sekolah Sungai Klaten Tahun 2017 Angkatan Ke-3

Pembukaan Pelatihan Sekolah Sungai Klaten Tahun 2017 Angkatan ke 3
Pembukaan Pelatihan Sekolah Sungai Klaten Tahun 2017 Angkatan ke 3


Pembukaan Pelatihan Sekolah Sungai Klaten Tahun 2017 Angkatan ke 3 , dilangsungkan pada Senin, 22 Mei 2017 di tepian sungai Kuning, Buntalan, kabupaten Klaten pagi ini.

Acara yang direncanakan berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 22 -24 Mei 2017 tersebut dibuka oleh Kepala Sekolah Sungai Klaten, sekaligus Sekda Kabupaten Klaten, Drs. Jaka Sawaldi, MM yang mewakili Bupati Klaten.

Kegiatan ini diikuti oleh berbagai unsur yakni Komunitas Sungai, Relawan, Perangkat Desa yang desanya berada pada daerah aliran sungai, perwakilan Organisasi Perangkat Daerah dan para pegiat sungai lainnya.

Tujuan penyelenggaraan Sekolah Sungai Klaten tahun 2017 yang diikuti 100 peserta pada angkatan ke 3 tahun ini adalah :

  1. Menanamkan dan melestarikan Visi dan Misi Sekolah Sungai Klaten agar dapat dipahami oleh warga komunitas sungai di kabupaten Klaten

  2. Memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi peserta dalam pengelolaan sungai sehingga dapat bernilai ekonomi produktif bagi masyarakat sekitarnya maupun masyarakat kabupaten Klaten pada umumnya.

  3. Memberi pengetahuan kepada peserta mengenai kerentanan, ancaman dan resiko sungai sehingga dapat mengantisipasi dampak yang tidak diinginkan.


Dalam sambutannya Sekda Kabupaten Klaten, Drs. Jaka Sawaldi, MM mengharapkan dengan adanya Pelatihan Sekolah Sungai kabupaten Klaten Tahun 2017 angkatan ke-3 ini, seluruh peserta mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh agar dapat mengambil manfaat untuk diterapkan pada komunitas sungai di wilayahnya masing-masing.

cca0c3dd-bc6c-49a7-97bd-49accf085355

Ia juga menegaskan betapa pentingnya memunculkan perilaku rasa memiliki pada sungai, sebab dengan perilaku tersebut dapat mewujudkan sungai yang bersih, indah dan bernilai ekonomis.

“Mari kita jaga, kita rawat dan kita perlakukan sungai seperti kita memperlakukan diri kita sendiri untuk mewujudkan sungai di Klaten sebagai sungai terbersih dan terindah dengan mendatangkan manfaat pada masyarakat,” himbaunya sebelum menutup sambutan.

Terpisah, Nur Tjahjono Suharto, . S.Sos, MPP, M.Eng dari BPBD Kabupaten Klaten selaku koordinator kegiatan menyampaikan kepada jurnalis IPJI, “Kami berharap para peserta bisa menerapkan pengetahuan yang didapat selama pelatihan untuk mengenali sungainya, baik kerentanan maupun potensinya, agar lebih bernilai sosial ekonomi bagi masyarakat setempat.”

(DN)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close