Puluhan Jurnalis baru ikuti Pelatihan Jurnalis IPJI Jateng

Semarang-JM. Dalam rangka meningkatkan Profesionalisme Para Jurnalisnya, maka beberapa waktu lalu Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Ikatan Penulis Jurnalis Indonesia (IPJI) Jawa Tengah menyelenggarakan pelatihan Jurnalis di salah satu Hotel dikawasan Bandungan Kabupaten Semarang. Kegiatan yang melibatkan Pihak Polda Jawa Tengah serta beberapa Penggiat Pers serta para Akademisi tersebut diikuti hampir 50 Jurnalis yang datang dari berbagai Kabupaten/Kota di Jawa Tengah . Hal ini sebagaimana disampaikan Ketua DPW IPJI Jawa Tengah, Didik Methana yang menegaskan jika kegiatan ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Program Kerja IPJI pusat yang saat ini sedang gencar-gencarnya melakukan konsolidasi nasional guna mengkader para jurnalisnya yang bermental Pancasilais,” Ya sejak era reformasi lalu, IPJI berdiri untuk mengkader para jurnalis yang pancasilais. Makanya hingga saat ini organisasi ini masih independen dan belum menerima kucuran dana dari pemerintah.” Ungkapnya. Bahkan Didik merasa bangga dengan IPJI ini yang para jurnalisnya melakukan kerja jurnalis ditiap daerah tanpa pamrih serta secara swadaya dimulai dari mencari berita, membuat berita hingga memasarkan medianya.” Kami salut kinerja mereka, makanya harus kami dukung semangat mereka agar menjadi para jurnalis yang handal,” imbuhnya.
Sementara itu Bupati Kabupaten Semarang yang diwakili Kabag Humas Kabupaten Semarang, Heru menyatakan apresiasinya atas pelatihan para jurnalis yang diselenggarakan IPJI ini. Karena menurutnya saat ini Masyarakat dan Pemerintah sangat membutuhkan informasi yang diberitakan para jurnalis,” Kami mengapresiasi Pelatihan ini, semoga benar-benar mampu menciptakan para jurnalis pancasilais yang handal,” tuturnya dalam sambutannya.
Sedangkan seorang peserta dari Wonosobo, Edy merasa senang dengan kegiatan ini yang akan meningkatkan profesinya sebagai jurnalis,” kami senang dengan kegiatan ini, terutama juga bisa silaturahmi dengan teman-teman wartawan dari beberapa daerah lainnya di Jawa Tengah,” ujarnya.
Senada juga disampaikan rekan peserta lainnya dari Blora, Edy Kom yang meminta teman-teman jurnalis lainnya agar terus bersemangat dalam mengungkapkan kebenaran melalui pemberitaan di Media Massa,” Kita diajarkan dalam pelatihan ini untuk mengungkapkan kebenaran melalui tulisan, dan senjata kita hanyalah Pena untuk turut mencerdaskan bangsa,” tuturnya dalam sambutannya sebagai wakil peserta.
Ditempat terpisah Ketua DPC IPJI Kota Semarang,Aldo yang juga baru dilantik dengan kepengurusan lainnya. Justru dalam hal ini akan terus melakukan kifrahnya dengan akan melaksanakan Pelatihan Jurnalistik dalam waktu dekat agar di Jawa Tengah ini semakin banyak lahir para jurnalis muda yang bermental pancasilais,” Pokoknya saya akan mengikuti jejak DPW IPJI Jateng dengan pelatihan para jurnalis agar tumbuh dan berkembang para jurnalis muda Mas,” ungkapnya.
Sebagaimana diketahui Pelatihan Jurnalis IPJI Jawa Tengah ini awalnya digagas para jurnalis muda dari Kota Semarang yang semangatnya terus menggelora, bahkan sebelumnya mereka selalu melakukan berbagai pertemuan secara intens dengan diskusi jurnalis group. Kemudian mereka punya idea mengusung hasil berbagai diskusi tersebut untuk mengadakan Pelatihan Jurnalistik yang luasan pesertanya se Jawa Tengah. Dan gagasan mereka dengan kerja kerasnya bisa diwujudkannya Pelatihan Jurnalistik yang dilaksanakan pada awal Desember 2016 dengan dihadiri para tamu undangan dari beberapa pejabat Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Asosiasi Pelabuhan, Kadin Kota Semarang, Polda Jawa Tengah dan Pejabat Gubernur Jawa Tengah dengan puluhan Jurnalis IPJI yang datang dari berbagai daerah di Jawa Tengah. (Tim JM Semarang)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close