Ribuan Calhaj Kendal lega bisa naik haji tahun ini

Kendal-JM. Dengan semakin meningkatnya hubungan harmonis antara Pemerintah RI dengan Saudi Arabia yang ditandai dengan kedatangannya Raja Arab Saudi, Raja Salman bin Saud yang sempat menghebohkan jagat nusantara ini, ternyata berdampak positif bagi kelangsungan para calon Jamaah haji Indonesia yang setiap tahunnya menunggu daftar tunggu semakin meningkat. Namun belakangan ini justru Pemerintah Saudi Arabia mengembalikan lagi kuoto haji indonesia ke semula, bahkan ada tambahan yang cukup signifikan guna mengurangi daftar antrian para calon jamaah haji yang membludak. Hal ini sebagaimana dirasakan Para Calhaj Kabupaten Kendal yang jumlahnya sebanyak 1085 orang bisa dipastikan dapat berangkat haji pada tahun 2017 ini. Sebagaimana disampaikan Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama Kendal, Sumari mengatakan, kuota jamaah haji KabupatenKendal tahun ini lebih banyak yakni 1.085 orang dibanding kuota tahun sebelumnya yang hanya 776 orang.,” Dari jumlah sebanyak itu dapat dirinci berasal dari jamaah calon haji tersebut sebanyak 3 orang jamaah calon haji tahun 2008 , tahun 2009 sebanyak 9 orang, tahun 2010 sebanyak 26 orang, dan tahun 2011 sebanyak 1.047 orang.,” tuturnya kepada Pers di Pendopo Kendal beberapa waktu lalu.
Selanjutnya Sumari pun menambahkan bahwa dengan jumlah 1.085 jamaah akan ada empat kloter pemberangkatan.,” Ya jumlah sebanyak ini, nantinya akan diberangkatkan menjadi 4 kloter,” imbuhnya.
Sementara itu seorang Jamaah Haji Asal Kaliwungu mendengar kabar tersebut , dirinya cukup bersyukur. Karena selama ini bersama istrinya sudah menunggu cukup lama,” Ya semoga aja dengan adanya penambahan kuota ini, kami bisa katut berangkat haji pada tahun ini,” ungkapnya.
Sebagaimana diketahui untuk Jateng, kuota reguler tahun 2017 ada sebanyak 30.479 jamaah calon haji sementara untuk Indonesia menjadi 221.000 orang.Sedangkan sejak tahun 2013 hingga 2016, Pemerintah Arab Saudi menerapkan regulasi pemangkasan kuota menjadi 80 persen karena ada renovasi besar-besaran di Masjidil Haram, Makkah. Kemudian mulai tahun 2017 Pemerintah Arab Saudi mengembalikan kuota haji 100 persen. Disamping itu guna pelayanan lebih baik , Pemerintah akan memperketat pemeriksaan kesehatan bagi calon jamaah haji dan hanya memberangkatkan calon jamaah haji yang kondisi kesehatan mampu melaksanakan ibadah haji. (Tim Kendal)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close