Upacara Pembaretan Bintara Baru 2016-2017 Di Polres Semarang

Kapolres Semarang AKBP V. Thirdy Hadmiarso, SIK bersama Ketua Bhayangkari cabang Semarang Ny. Nuning Thirdy Hadmiarso menyematkan baret secara simbolis.
Kapolres Semarang AKBP V. Thirdy Hadmiarso, SIK bersama Ketua Bhayangkari cabang Semarang Ny. Nuning Thirdy Hadmiarso menyematkan baret secara simbolis


 

Kepolisian Resor Semarang Jawa Tengah menggelar tradisi pembaretan kepada Bintara baru lulusan tahun 2016 dan 2017. Sebanyak 38 anggota Bintara Remaja Brigadir Polri yang terdiri dari 8 Polki angkatan 40, 5 Polwan angkatan 44 dan 25 Polki angkatan 41 mengikuti pembaretan yang diisi dengan kegiatan long march maupun lintas medan di sekitar wilayah Kabupaten Semarang. Selasa (16/05/2017)

Kapolres Semarang AKBP V. Thirdy Hadmiarso, SIK secara langsung membuka kegiatan tersebut sekitar pukul 21.00 WIB di halaman kantor kecamatan Pringapus. Adapun rute long march atau jalan jauh ini, dimulai dari Kantor Kecamatan Pringapus dan finish di Mako Polres Semarang.

Kegiatan tersebut diawali dengan melakukan longmarch menuju beberapa Pos yang telah ditentukan yang dilakukan pelatihan dan pengujian terhadap pelaksanaan kegiatan mulai dari beladiri Polri, penggerebekan dan beberapa game kerjasama tim.

Long March para Bintara baru
Long March para Bintara baru


Dalam sambutannya Kapolres Semarang berpesan agar para anggota untuk menjaga kondisi fisik dan selalu kompak dalam melaksanakan kegiatan tersebut karena rute yang dilewati cukup menantang.

“Saya berpesan agar selalu jaga kekompakan dan kerjasama tim, jaga kondisi fisik, apabila sakit segera laporkan kepada pendamping untuk ditangani tim urkes Polres Semarang. Rute ini sudah ditempatkan beberapa Pos sebagai aplikasi dalam pelaksanaan tugas dilapangan, hendaklah diperhatikan dan dilaksanakan secara baik dan benar”, tegas Kapolres.

Wakapolres Semarang Kompol Cahyo Widyatmoko, SH. SIK. MH juga menambahkan bahwa Pembaretan Bintara Baru adalah merupakan tradisi turun temurun setiap menerimaan brigadir yang baru untuk menumbuhkan kesadaran nilai moral awal sebagai Brigadir Polri agar dapat menghadapi tantangan tugas yang akan datang,

“Mereka juga jangan lupa dengan jati dirinya sebagai anggota Polisi yang bertugas dalam keamanan dalam negeri dengan tugas pokok mengamankan Negara, juga sebagai pelindung,pengayom dan pelayan masyarakat,” tegas Kompol Cahyo.

497a7b45-2b25-48ed-b565-b8e6afa59d7d

Rangkaian kegiatan pembinaan tradisi diakhiri dengan pacara penyiraman air kembang dan penyematan baret secara simbolis oleh Kapolres Semarang AKBP V. Thirdy Hadmiarso, SIK bersama Ketua Bhayangkari cabang Semarang Ny. Nuning Thirdy Hadmiarso kepada perwakilan Polki oleh Bripda Pulung Lukman dan perwakilan Polwan oleh Bripda Ida Ambarsari. Hal tersebut dimaksud untuk memberikan kebanggaan dan kekompakan sebagai anggota Polri dalam menjalankan tugas umum kepolisian yang siap di tugaskan di jajaran Polres Semarang.

Penutupan kegiatan pembinaan tradisi pembaretan dihadiri oleh Wakapolres Semarang, Kabag, Kasat, Jajaran Kapolsek, seluruh anggota Polres Semarang serta Bhayangkari cabang Semarang.

 

Narasumber Ida - Humas Polres Semarang.

Andi melaporkan

 

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close