Wisata Embung di Desa Bumi Ayu Weleri diminati Warga

IMG-20181114-WA0000Kendal-JM. Keberadaan Embung yang biasanya hanya sebagai Penampung Air untuk pengairan yang terletak di Desa Bumi Ayu Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal, kini fungsinya telah bertambah menjadi Wahana Wisata Alam yang semakin diminati Warganya, karena memang Embung yang sebelumnya hanya berupa penampungan Air. Namun kini berkat Inovasi Kades Bumi Ayu, Johan telah beralih fungsi sebagai Desnitasi Wisata yang Indah nan Alami . Bahkan Wahana Wisata baru ini sangat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat setempat, terkecuali sebagai sarana prasarana pengairan irigasi sawah juga multi fungsi sebagai Desa Wisata. Dan
setiap hari minggu mulai pukul 06.00 Wib sampai dengan pukul 08.00 Wib banyak dikunjungi oleh warga desa setempat maupun warga luar desa Bumi Ayu, mereka para pengunjung berduyun - duyun berjalan kaki untuk membeli sekaligus menikmati jajanan atau makanan khas desa tersebut yang bahan bakunya diambil dari hasil bumi seperti singkong yang diolah dijadikan, klepon, tapi, utri dan ragam jajanan lainnya.
Menurut Warga Desa Bumi Ayu, Nur yang ikut menjajakan daganganya di Wisata Embung mengungkapkan kegembiraannya atas keberadaan Wahana Wisata ini yang bisa menambah pemasukan Ekonomi Keluarganya. Sedangkan Warga lainnya ,Tris yang juga Anggota Karang Taruna sebagai pengelola parkir sangat senang dimana bisa mendapatkan tambahan untuk kas organisanya, mereka sangat senang merasakan adanya Desa wisata yang juga sebagai ajang silaturahmi dengan Warga lainnya.
Dalam Pemantauan Media ini,
Warga setempat pun merasa puas, bangga atas kinerja Kepala Desa Bumi Ayu serta Perangkat Desa, BUMDES dan keterlibatan TPID (team pelaksana inovasi desa) Kecamatan Weleri yang berjumlah 5 orang sebagaimana diungkapkan Kordinatornya, Paryono yang mengatakan bahwa
Ini mungkin yang Pertama kali muncul Desa Wisata di Kabupaten Kendal," semoga dikemudian hari akan muncul Desa Wisata lainya untuk meningkatkan taraf hidup, serta dapat meningkatkan PAD Desa setempat," ujarnya. (Joko Kendal)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close